Jumat, 16 Maret 2012

Psikologi Pendidikan dan Tokoh Perintis


Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis penting seperti :
1. William James
   Ia pernah mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan bagaimana cara mengajar anak secara efektif. Penting menurutnya untuk mempelajari proses belajar mengajar didalam kelas untuk meningkatkan mutu pendidikan. 
2. John Dewey
   Ia merupakan penggerak untuk pengaplikasian psikologi di tingkat praktis. Ia juga mengemukakan banyak ide penting seperti : pertama, anak sebagai pembelajar yang aktif (active learner), maksudnya anak - anak akan belajar dengan lebih baik jika mereka aktif bukan dengan duduk diam dan mendengarkan pelajaran secara pasif dan sopan. kedua, pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan, yang artinya anak tidak hanya mendapat pelajaran akademik saja, tetapi juga harus di ajarkan cara untuk berpikir dan beradaptasi dengan dunia di luar sekolah. Dan secara khusus ia berpendapat bahwa anak harus belajar agar mampu memecahkan masalah secara reaktif. ketiga, semua anak berhak mendapatkan pendidikan dengan layak bagi semua anak, lelaki maupun perempuan, dari semua lapisan sosial-ekonomi dan etnis.
3. E.L.Thorndike
  Ia berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak. Ia juga mengajukan gagasan bahwa psikologi pendidikan harus memiliki basis ilmiah dan harus berfokus pada pengukuran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar