Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis penting seperti :
1. William James
Ia pernah
mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak
bisa menjelaskan bagaimana cara mengajar anak secara efektif. Penting
menurutnya untuk mempelajari proses belajar mengajar didalam kelas untuk
meningkatkan mutu pendidikan.
2. John Dewey
Ia merupakan penggerak untuk pengaplikasian psikologi di tingkat praktis. Ia juga mengemukakan banyak ide penting seperti : pertama,
anak sebagai pembelajar yang aktif (active learner), maksudnya anak -
anak akan belajar dengan lebih baik jika mereka aktif bukan dengan duduk
diam dan mendengarkan pelajaran secara pasif dan sopan. kedua,
pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan
memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan, yang
artinya anak tidak hanya mendapat pelajaran akademik saja, tetapi juga
harus di ajarkan cara untuk berpikir dan beradaptasi dengan dunia di
luar sekolah. Dan secara khusus ia berpendapat bahwa anak harus belajar
agar mampu memecahkan masalah secara reaktif. ketiga, semua anak
berhak mendapatkan pendidikan dengan layak bagi semua anak, lelaki
maupun perempuan, dari semua lapisan sosial-ekonomi dan etnis.
3. E.L.Thorndike
Ia
berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling
penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak. Ia juga mengajukan
gagasan bahwa psikologi pendidikan harus memiliki basis ilmiah dan harus
berfokus pada pengukuran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar